Santi Kusumaningrum atau akrab disapa dengan Santi, mendirikan PUSKAPA (Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak) di Universitas Indonesia pada 2010, dan sejak itu Santi menjabat sebagai Direktur dan Peneliti Utama atau Principal Investigator (PI) PUSKAPA. Saat ini, Santi juga menjadi Adjunct Assistant Professor Population and Family Health di Mailman School of Public Health, Columbia University.

PUSKAPA adalah lembaga yang punya misi mewujudkan masyarakat yang aman, adil, dan inklusif melalui kerja lintas-disiplin berbasis ilmu pengetahuan, bukti ilmiah, advokasi, pengembangan kapasitas, dan pengelolaan program. Kerja PUSKAPA fokus untuk meluaskan akses anak-anak dan individu rentan pada sistem dan layanan kesehatan, pendidikan, perlindungan, dan kesejahteraan sosial yang berkualitas. PUSKAPA juga bekerja untuk memastikan semua orang di Indonesia tercatat sejak lahir sepanjang hidupnya, dan data penduduk dikelola dengan aman, bertanggung jawab, serta bermanfaat untuk perencanaan penganggaran. Terakhir, PUSKAPA bekerja untuk melestarikan kebebasan dan keterlibatan sipil kaum muda, baik dalam sistem peradilan maupun dalam tatanan demokrasi secara keseluruhan.

Sebagai Direktur PUSKAPA, Santi memimpin, mengelola, dan melebarkan kualitas kerja, relevansi, dan dampak kerja-kerja PUSKAPA. Lebih lanjut, Santi juga mengembangkan dan melestarikan tradisi dan praktik pembelajaran, kode etik, dan etos kerja kelembagaan PUSKAPA yang ia terjemahkan dalam pengelolaan organisasi, sumber daya manusia, jejaring, dan mekanisme mentoring bagi semua anggota tim PUSKAPA.

Anda bisa menghubungi Santi melalui: santikn@puskapa.org dan mengunjungi situs PUSKAPA: www.puskapa.org

Fokus kerja dan keahilan Santi adalah riset, desain program, dan advokasi kebijakan untuk membuat sistem dan layanan di Indonesia mendukung kesentosaan, inklusi sosial, dan daya tahan anak dan kelompok rentan. Santi percaya, jalan menuju kesempatan yang sama bagi semua anak juga dibangun lewat perlindungan terhadap individu dewasa yang tersisihkan. Santi menerapkan riset dan pendekatan ilmiah untuk melandasi pemikiran dan tindakan, pengelolaan program untuk menguji coba dan mewujudkan solusi, memobilisasi pengembangan kapasitas kaum muda untuk menguatkan masyarakat sipil, dan melaksanakan evaluasi terus-menerus untuk perbaikan program dan pemikiran.

Santi mendirikan PUSKAPA untuk menjadikan kerja-kerja perlindungan anak dan kelompok rentan tidak hanya berbasis niat baik, tapi berbasis bukti dan pemikiran ilmiah. Melalui PUSKAPA, Santi bekerja mewujudkan kebijakan dan praktik yang inklusif, adil, dan efektif untuk kesentosaan semua anak dan kelompok rentan bersama pemerintah, masyarakat sipil, dan lembaga internasional di Indonesia dan di negara-negara lain.

Santi berlatar belakang pendidikan Kriminologi dan Sosiologi dari Universitas Indonesia, dan memperoleh gelar Doctor of Public Health dari Columbia University.

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by