Raihal Fajri lahir di Aceh Besar, 20 Februari 1981. Ia lulus dari Program Magister Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris dan Keguruan, FKIP Uninversitas Syiah Kuala tahun 2020 dengan gelar Master Pendidikan. Ia juga alumni Summer School, Melbourne University, Australia, tahun 2019 untuk Pelatihan Perempuan dan Politik. Ia juga tercatat sebagai alumni Pelatihan Sertifikasi Mediator, IMM dan MA, pada 2020.

Saat ini Raihal adalah Direktur Eksekutif Katahati Institute, lembaga yang fokus pada tata kelola pemerintahan dan advokasi kebijakan. Lembaga ini sering mengadakan kajian dan diskusi tematik yang menyasar isu-isu tertentu seperti penguatan perempuan, strategi komunikasi pengurangan stunting, dan kepemiluan.

Keahliannya di bidang tersebut membuat Raihal dipercaya sebagai Tenaga Ahli Komisi I DPRK Banda Aceh sejak 2019. Ia bertugas memberikan saran, masukan, dan menyiapkan draf rancangan qanun atau perda sesuai tupoksi Komisi I DPRK Banda Aceh. 

Selain memiliki kapasitas di bidang analisis dan advokasi kebijakan publik, Raihal juga berkapasitas di bidang mediasi terutama konflik tenurial, sebagai fasilitator, dan berpengalaman sebagai pendamping implementasi keterbukaan informasi publik. Ia juga berpengalaman dalam perumusan data terpilah gender dan anak, serta di bidang kajian dan analisis kemiskinan sektoral. Sering tampil sebagai pembicara untuk topik-topik terkait kebijakan publik, perdamaian, partisipasi perempuan di ruang publik.

Raihal juga mengelola kakilangit.id, yang menjadi bagian dari Katahati Institute sebagai rumah pengetahuan masyarakat sipil Aceh yang berperan mengumpulkan, mengonsolidasi, dan mempromosikan praktik baik masyarakat sipil Aceh. Ia juga berjuang melawan ketidakadilan di bidang lingkungan akibat perusahaan tambang dengan menjadi perwakilan masyarakat Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, yang sedang berjuang melawan kejahatan lingkungan di kecamatan itu akibat operasi penambangan batu kapur oleh pabrik semen.

Ia juga punya kemampuan menulis dan terlibat dalam sejumlah kegiatan kolaborasi kepenulisan untuk tema-tema spesifik seperti perdamaian, tokoh publik, gender, kemiskinan, dan hukum adat. Raihal aktif mendorong lahirnya Komisi Informasi Aceh hingga terbentuk pada 2010 dan terlibat sebagai tim pansel selama dua periode.

Untuk mengontak Raihal, silakan menghubungi yang bersangkutan di nomor HP: 081360029618 dan e-mail: raihal.fajri@katahati.or.id. Bisa juga melalui media sosialnya: Raihal Fajri (Facebook), @raihalf (Instagram dan Twitter), dan www.raihalf.blogspot.com.

Tata kelola pemerintahan, analisis dan advokasi kebijakan publik, mediator 

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by