Khalida Zia lahir di Bireuen, pada 9 Desember 1993. Ia lulus dari Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Syiah Kuala dengan gelar Sarjana Sosiologi. Saat ini ia bekerja sebagai konsultan Kebijakan dan Advokasi bersama Australia Indonesia Partnership for Justice. Program ini fokus untuk perlindungan perempuan dan anak pascacerai di Aceh. 

Zia berperan membantu Pemerintah Aceh melalui lembaga Mahkamah Syariah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh. Bertugas untuk menyusun peraturan gubernur dan MoU terkait mekanisme pelaksanaan putusan pengadilan dan peningkatan kapasitas bagi hakum untuk perlindungan dan jaminan hak perempuan dan anak pascacerai.

Sebelumnya juga terlibat dalam menyusun mekanisme pemulihan komunitas di daerah bekas konflik, Kabupaten Bener Meriah, bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh dan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh. Pernah juga menjadi tim perancang mekanisme transparansi terhadap proses penerimaan tender penelitian dan pengembangan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Provinsi Aceh.

Kepeduliannya pada kelompok rentan membuat Zia bersama empat temannya mendirikan komunitas Griya Schizofren Aceh untuk mengurangi stigma negatif terhadap orang dengan gangguan jiwa di Aceh. Mereka fokus mengampanyekan peran sosial terhadap kesehatan. Sebagai pendiri, Zia aktif membangun networking dan perencanaan komunitas.

Saat ini Zia merupakan Direktur The Leader, organisasi yang fokus pada peningkatan kapasitas pemuda di Indonesia dengan isu-isu: pemberdayaan pemuda, perdamaian dan resolusi konflik, pendidikan, partisipasi dan pengembangan pemuda, kesehatan, lingkungan, kesiapsiagaan bencana, dan kewirausahaan. Sejak 2012 The Leader secara konsisten telah melakukan beberapa program utama yaitu DreamMaker, Ngobrol Inspiratif, Liburan Produktif, Kelas Kreatif, Forum Aceh Luar Biasa Youth Lead, dan The Leader Café.

Zia memiliki ketertarikan yang tinggi di bidang pemberdayaan komunitas, kepemimpinan, HAM dan keadilan, kesetaraan gender, dan aksesibilitas.

Untuk mengetahui kontak Zia, silakan menghubungi yang bersangkutan di nomor HP: 085277825806 dan e-mail: zia@the-leader.org. Bisa juga melalui akun Instagram @begum_khalidazia

Konsultan, Pemberdayaan Pemuda, sosiolog

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by