Erika Widyaningsih saat ini menjabat sebagai direktur Rumah Kebangsaan (RK) dan juga sebagai Founder komunitas Jelajah Bineka. Rumah Kebangsaan didirikan pada 2012 sebagai sebuah forum diskusi untuk membahas isu politik, sosial, dan ekonomi. Sedangkan Komunitas Jelajah Bineka berdiri pada 2019. Di Rumah Kebangsaan kami membuka ruang diskusi terutama bagi anak muda untuk membahas persoalan kebangsaan, utamanya pada isu kekerasan ekstrim dan kekerasan seksual. Saat ini Rumah Kebangsaan memfokuskan sasaran kegiatan kami pada perempuan dan anak muda, dimana keduanya merupakan kelompok yang rentan terpapar oleh paham ekstrim dan menjadi korban kekerasan. Namun RK melihat bahwa perempuan dan anak muda juga memiliki potensi untuk melakukan perubahan.

Komunitas Jelajah Bineka sendiri dibentuk sebagai ruang bagi anak muda dan anak-anak untuk mengenal keragaman dan kekayaan Indonesia melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan santai. Komunitas Jelajah Bineka membuka ruang bagi anak muda diseluruh Indonesia yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk bergabung. Sejumlah kegiatan yang dilakukan antara lain Jelajah Situs yang sudah dilakukan di Ambon, Padang, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. JeBi goes to RPTRA di tiga lokasi di Jakarta, Ngobrol Publik dan Jelajah Virtual di masa pandemi ini.

 

Saat ini Erika aktif dalam mengkampanyekan toleransi dan anti kekerasan (terutama kekerasan seksual dan kekerasan ekstrim) di lingkungan sekolah dan masyarakat, melalui ruang ngobrol baik online maupun offline.

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by