Fitriani akrab disapa dengan nama Purchel, lahir di Kabupaten Pidie, Aceh, 5 April 1991. Ia lulusan Sarjana Pendidikan Biologi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, dengan gelar Sarjana Pendidikan.

Sejak mahasiswa Purchel sudah menunjukkan minat yang tinggi pada lingkungan dan membuatnya bergabung pada UKM Mahasiswa Pencinta Alam Jabal Everest, Universitas Jabal Ghafur. Aktivitasnya selama di UKM tersebut telah mengantarkan Purchel untuk menekuni olahraga ekstrem seperti panjat tebing, arung jeram, dan penelusuran gua. Beberapa gunung yang telah ia taklukkan, yaitu Gunung Seulawah Agam di Aceh Besar, Burni Telong di Bener Meriah, dan Peut Sagoe di Pidie. 

Pada Agustus 2020 lalu Purchel bersama rekan-rekannya di Mapala Jabal Everest terlibat dalam pengibaran bendera merah putih di dalam Gua Limeng, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie. Kegiatan ini bertajuk “Cave for Indonesia”, dirinya merupakan satu-satunya perempuan dalam kegiatan itu dan didapuk sebagai Pemimpin Upacara.

Purchel menekuni olahraga panjat tebing secara serius dan kini tercatat sebagai satu dari tiga pelatih panjat tebing di Aceh yang telah berlisensi secara nasional. Untuk menambah keterampilan teknis, saat ini Purchel sedang melanjutkan pendidikan khusus olahraga panjat tebing di Bandung, Jawa Barat, oleh Vertikal Rescue Indonesia. 

Di sela-sela pekerjaan sebagai surveyor paruh waktu di sejumlah lembaga survei, Purchel kini tercatat sebagai pelatih panjat tebing di Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Pidie. Saat ini sedang melatih atlet junior untuk persiapan Porda Aceh pada 2022 mendatang.

Ia juga bergiat di Komunitas Perempuan Peduli Leuser yang berkonsentrasi pada isu-isu lingkungan dan mempromosikan perempuan pembuat perubahan di akar rumput.

Untuk mengetahui kontak Purchel, silakan menghubungi yang bersangkutan di nomor HP: 085244853618 atau e-mail: 

Atlet, pencinta alam, pelatih panjat tebing

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by