Margaretha Winda Febiana Karotina

Margaretha Winda Febiana Karotina

Hukum Politik dan Demokrasi, PENDIDIKAN

Margaretha Winda Febiana Karotina atau yang biasa dipanggil Winda lahir di Tasikmalaya, 3 Maret 1985. Winda merupakan Sarjana Sosiologi dari Universitas Galuh. Sejak 2001 ia tertarik terhadap isu hak asasi manusia khususnya hak asasi perempuan. 

Lalu pada 2013, Winda bergabung dengan Solidaritas Perempuan. Melalui organisasi ia membentuk kelompok-kelompok perempuan di pedesaan wilayah konflik. Winda memberikan edukasi kepada perempuan di desa terkait hak-hak perempuan dengan cara pandang feminis. 

Winda juga melakukan beberapa penelitian terkait pangan lokal. Ia mendampingi kelompok perempuan di Desa Mantangai Hulu Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah untuk menanam varietas padi lokal yang sudah hampir punah. 

Saat ini, Winda berada di posisi Ketua Badan Eksekutif Komunitas Solidaritas Perempuan Mamut Menteng. Program yang saat ini sedang dijalankan yakni Perempuan Agraria dan Kedaulatan Pangan. Program ini mendorong perempuan di desa bisa bertahan di tengah konflik agraria serta kritis melawan ketidakadilan dan berdaulat atas pangan. 

Winda saat ini juga fokus membangun kesadaran kritis anak muda melalui strategi kreatif dan pengembangan kapasitas untuk mendorong kelompok muda terlibat dalam gerakan sosial. 

Edukasi kepada perempuan di desa terkait hak-hak perempuan 

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by