Sammaria Simanjuntak

Sammaria Simanjuntak

Seni Budaya

Sammaria Simanjuntak lahir di Bandung pada 4 Mei 1983. Ia meraih gelar Sarjana Teknik bidang Teknik Arsitektur dari Intitut Teknologi Bandung pada tahun 2006. Sammaria merupakan Sutradara/Penulis/Produser yang aktif sampai sekarang. Saat kuliah mengambil jurusan teknik arsitektur di Insitut Teknologi Bandung, ia sempat bekerja di sebuah perusahaan arsitektur, kemudian mengundurkan diri dan memutuskan untuk menjadi filmmaker. Pada tahun 2009, Sammaria merilis film panjang pertama, ‘cin(T)a’. Kemudian pada tahun 2010, ia pertama kali menyutradarai film dokumenter, ‘Five Minutes Of Fame uh... uh... uh...’ yang merupakan bagian dari anthology ‘Working Girls’ dan dirilis di bioskop pada Juni 2011. Pada tahun 2011, Sammaria mendirikan sebuah production compan bernama PT Kepompong Gendut (The Fat Cocoon) dan merilis film pertama dengan judul ‘Demi Ucok’ (2013) yang meraih penghargaan sebagai Film Indonesia Terbaik oleh Majalah Tempo. Pada tahun 2013, Sammaria membuat serial TV untuk pertama kali dengan judul ‘Demi Turki’ (2013). Ia menyutradari serial TV 'Salon Cimey' pada tahun 2014 dan juga memproduseri film ‘Selamat Pagi, Malam’ (In The Absence Of The Sun). Film selanjutnya, ‘Dongeng Bawah Angin’ (Dancing Gale) dan ‘Kepompong Mak Gondut’ masih dalam proses development. Selama ini Sammaria membuat film yang mempromosikan toleransi dan keberagaman. Untuk mengetahui kontak Sammaria Simanjuntak, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: 

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by