Nurjannah Husien lahir di Aceh Jaya, 24 April 1969. Ia seorang Ahli Madya lulusan Diploma III Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banda Aceh. Ia pernah bekerja sebagai Area Manager salah satu perusahaan farmasi, tetapi kini fokus mengelola Yayasan Darah untuk Aceh yang didirikannya pada 2012 lalu dan menjabat sebagai direktur.

Yayasan ini aktif mengampanyekan tentang thalassemia dan mendampingi penyintas thalassemia dari berbagai daerah di Aceh yang berobat ke Banda Aceh. Gerakan ini berawal dengan aksi donor darah untuk penyintas thalassemia, yakni penyakit kelainan darah genetik yang diturunkan oleh kedua orang tua yang membawa sifat thalassemia.

Setelah mengetahui bahwa Aceh merupakan salah satu provinsi dengan kasus thalassemia yang tinggi, sosok yang akrab disapa Nuu Husien bersama relawan YDUA semakin gencar menyosialisasikan tentang penyakit ini kepada masyarakat luas. Fakta-fakta lain yang ditemukan di lapangan seperti masih banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini semacam kutukan atau tumbal/guna-guna sehingga penyintas lebih banyak dibawa berobat ke dukun.

Mirisnya lagi, masih ada anggapan bahwa yang menurunkan thalassemia pada anak adalah ibu atau perempuan sehingga memicu terjadinya perceraian, istri ditinggalkan oleh suami atau dipoligami. Sosialisasi yang masif tidak hanya membantu para penyintas, tetapi juga menolong para perempuan dari korban ketidakadilan akibat ketidaktahuan masyarakat terhadi penyakit ini.

Dalam perjalanannya, para relawan tidak hanya mendampingi penyintas thalassemia saja, tetapi juga berbagai penyakit lainnya yang memerlukan pengobatan intensif seperti kanker, tumor, dll. Bahkan pendampingan pasien dilakukan hingga ke Jakarta.

Sejak 2016, YDUA juga telah memiliki rumah singgah bernama “Rumah Kita” untuk tempat tinggal sementara bagi pasien dan keluarganya yang sedang berobat ke Banda Aceh. Tujuannya agar pasien tuntas melakukan proses pengobatannya. 

Nuu Husien sering tampil dalam berbagai forum untuk topik terkait thalassemia. Pada 2017 lalu ia pernah diundang ke Konferensi Thalassemia di Yunani. Berkat kerja kerasnya, Nuu Husien juga pernah mendapat sejumlah penghargaan di antaranya anugerah sebagai Sosok Perempuan Inspiratif SCTV dan CNN Heroes.

Untuk mengontak Nuu Husien, silakan menghubungi yang bersangkutan di no HP: 08116829244 atau e-mail: nuu.husien@gmail.com.

Pendampingan penyintas thalassemia, relawan sosial

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by