Aflina Mustafainah

Aflina Mustafainah

HAM, PENDIDIKAN

Aflina Mustafainah, atau yang akrab dipanggil Pino, lahir di Makassar pada 5 Oktober 1975. Pino memiliki latar belakang pendidikan Master dari Prodi Kajian Wanita Pascasarjana Universitas Indonesia (2004) dengan konsentrasi perempuan, lingkungan dan pemiskinan. Pada tahun 2012, ia bekerja di Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

 

Selain bertugas menerima kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan (KtP) dari seluruh Indonesia, ia juga mengembangkan dan menganalisis jenis-jenis kasus KtP untuk menjadi pengetahuan masyarakat, khususnya untuk para pengadu, serta mengembangkan pemulihan bagi women human right defender, khususnya petugas penerima pengaduan yang terkena dampak kedua dari trauma korban (secondary trauma). 

 

Berangkat dari teori feminis dan political ecology, lahirlah konsep feminist political ecology (FPE). Pino turut menggunakan tools FPE ini untuk melihat bagaimana ketergantungan perempuan pada alam yang telah menjadi sumber bagi kehidupan bumi dan manusia. Pino juga dapat melakukan studi HAM perempuan pada satu kasus, misalnya proteksi negara pada pengetahuan perempuan Adat dan melakukan desain penelitian HAM perempuan.

 

Untuk mengetahui kontak Pino, silakan hubungi admin Women Unlimited di kolom pesan yang tercantum dalam website.

melakukan riset, pendidikan, dan penanganan dalam kasus kekerasan terhadap perempuan

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by