Saprina Siregar atau Bunda Ina lahir di Takengon, 7 April 1975. Ia lulus dari  Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Mekkah dengan gelar Sarjana Pendidikan Islam. 

Saat ini ia mengelola PAUD Inklusi Kasya di Kota Banda Aceh. Di PAUD ini, anak-anak kebanyakan dan anak berkebutuhan khusus belajar di ruang kelas yang sama dengan pola pengasuhan anak yang telah disesuaikan. Bergiat di PAUD inklusi sejak 2009 membuat Bunda Ina melahirkan sebuah strategi khusus pada 2014 lalu yang diberi nama Strategi Kayang (Kasih Sayang). 

Pada 2018 lalu strategi yang sudah dibukukan dengan judul Strategi Kayang di Sekolah Inklusi ini dilombakan di tingkat nasional dan mendapat juara tiga. Memasuki tahun 2020, Strategi Kayang mulai ditularkan ke provinsi lain di Indonesia.

Atas dedikasinya itu, Bunda Ina ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan sebagai Pendamping PAUD di tiga kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Pidie selama 2020—2022. Ia bertugas untuk pendampingan penjagaan mutu PAUD di bidang manajerial, entrepreneur, supervisi, dan kolaborasi pembelajaran. 

Bunda Ina adalah seorang praktisi sekolah inklusi, penggiat parenting, dan penggiat literasi. Sejak 2015, Bunda Ina membuka ruang konsultasi di PAUD Inklusi Kasya tentang pola asuh, tumbuh kembang anak, dan keluarga. Inisiatif ini dilakukan mengingat semkain tingginya ABK yang bersekolah di Kasya. Di sisi lain, akibat ketidaktahuan orang tua, anak yang dilahirkan dalam keadaan baik justru berpotensi menjadi ABK. 

Melalui ruang konsultasi ini ia mendorong orang tua untuk belajar tentang pendampingan anak sejak dini, ayah dan ibu memiliki peran yang sama dalam mendidik anak, dan memberikan pemahaman tentang gender. Ia juga melakukan pendampingan bagi anak yang orang tuanya menghadapi perceraian. Dalam berbagai kesempatan Buna Ina terus mempromosikan Strategi Kayang di sekolah inklusi sebagai bentuk implementasi Undang-Undang tentang sekolah inklusi, menghapus diskriminasi di bidang pendidikan, dan pemenuhan hak setiap anak untuk mendapatkan akses pendidikan.

Sejak tahun 2020 ia membentuk Komunitas Literasi Kayang sebagai wadah bagi perempuan untuk berkreativitas khususnya di bidang literasi. Ia memfasilitasi sekitar 200 lebih perempuan dari berbagai daerah di Indonesia untuk menulis dan menerbitkan karya dalam bentuk buku. Komunitas ini sudah melahirkan empat buku dengan ragam tema.

Untuk mengontak Bunda Ina, silakan menghubungi yang bersangkutan di nomor HP: 0811 6815 453 dan e-mail: inaregars@gmail.com.

Parenting, praktisi sekolah inklusif, penulis

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by