Nita Juniarti saat ini berdomisili di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Ia lulus dari Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan gelar Sarjana Humaniora.

Nita memiliki minat yang tinggi di bidang pendidikan dan mengantarkannya menjadi guru dalam program Indonesia Mengajar pada 2016 lalu dan ditempatkan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Selesai dari program ini, Nita melanjutkan tugas sebagai fasilitator Gerakan Muara Enim Cerdas yang digagas oleh Dinas Pendidikan Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya ditunjuk oleh Japfa for Kids sebagai fasilitator Sekolah Bersih dan Nyaman di Kota Malang, Jawa Timur sejak 2019-2020.

Kecintaannya pada anak-anak dan dunia pendidikan membuat Nita mendirikan Taman Baca Masyarakat Sigupai Mambaco di kampung halamannya sejak 2018. Tidak hanya mengajarkan literasi, melalui program ini Nita juga punya misi melakukan skrining awal atau analisis awal terhadap anak-anak dan perempuan apakah mereka menjadi korban kekerasan dan pelecehan.

Pada akhir 2020, Nita bertemu dengan pihak Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Aceh Barat Daya, ia ditunjuk sebagai Koordinator Lapangan P2TP2A Aceh Barat Daya dengan status tenaga kontrak. Nita bertugas sebagai orang lapangan, menerima kasus, dan melaporkan untuk pendampingan korban, serta menjadi narasumber sosialisasi pencegahan kekerasan seksual pada anak di sekolah-sekolah. Untuk memaksimalkan pekerjaannya, Nita juga mengikuti kursus paralegal agar mempunya bekal untuk pendampingan.

Ia pernah juga menjadi relawan Pustaka Ransel yang membawa buku-buku bacaan dengan ransel ke beberapa daerah seperti di pelosok Aceh Besar dan Banda Aceh. Ia aktif menyuarakan perubahan yang dimulai dari desa dan perpustakaan. Nita juga fokus membangun kesadaran kritis anak muda melalui strategi kreatif dan pengembangan kapasitas untuk mendorong kelompok muda terlibat dalam gerakan sosial. 

Di sela-sela aktivitasnya, Nita juga menulis untuk acehnews.net dan berbagai platform menulis lainnya. Ia berkeyakinan nilai-nilai praktik baik perlu terus ditularkan, salah satunya melalui kebiasaan menulis. Aktivitas ini sejalan dengan minatnya di bidang media dan komunikasi yang mulai ditekuni sejak mahasiswa. Ia juga alumni Muharram Journalist Collage Banda Aceh. 

Untuk mengontak Nita, silakan menghubungi yang bersangkutan di e-mail: nitajuniartisyifa@gmail.com.

Pemberdayaan pemuda, literasi, pendidikan, jurnali

WomenUnlimited

Situs WomenUnlimited merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos Southeast Asia dan dikelola oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial sebagai organisasi afiliasi di Indonesia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.
Situs ini terselenggara atas dukungan Global Affairs Canada dan Kedutaan Besar Belanda, serta kerjasama dengan We Lead dan PPMN.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by